Cara Mudah Memilih Al-Qur’an Sesuai Dengan Kebutuhan

Sebagai umat muslim, pastinya kita harus senantiasa berinteraksi dengan kitab suci Al-Qur’an. Secara bahasa, Al-Quran adalah bacaan atau yang dibaca. Sedangkan Al-Qur’an merupakan kalam Allah SWT yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW. Al-Qur’an diturunkan lewat malaikat Jibril yang dihimpun ke dalam mushaf merupakan mukjizat Nabi Muhammad. Di dalam Al-Qur’an mengandung banyak sekali pokok ajaran, dengan begitu seluruh hidup dan kehidupan ini menjadi lebih teratur. Kitab suci Al-Qur’an juga memiliki banyak manfaat. Diantaranya seperti untuk petunjuk bagi manusia, sumber pokok ajaran Islam, dan pengajaran bagi manusia. Oleh sebab itulah, setiap umat muslim diharapkan bisa membaca Al-Qur’an setiap hari. Bukan saja hanya membaca, namun juga mengetahui arti dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

10 Tips Mudah Memilih Al-Qur’an Sesuai Kebutuhan

Saat ini sudah banyak mushaf Al-Qur’an yang ada di pasaran. Mulai dari mushaf yang hanya berisikan ayat-ayat Al-Qur’an saja sampai yang ada huruf latin dan artinya. Untuk Anda yang hendak memiliki Al-Qur’an ada baiknya memilih yang sesuai kebutuhan. Ini dimaksudkan untuk mempermudah dalam membaca dan memahami makna-nya. Nah berikut ini terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan Al-Qur’an sesuai kebutuhan.

  1. Cover Mushaf Al-Qur’an

Ada baiknya jika Anda memilih cover mushaf hard cover dan kuat. Hal ini akan membuat Al-Qur’an tidak mudah cepat rusak dan nyaman ketika dibawa kemana-mana. Kualitas kertas cover, jahitan, dan lem juga sangat memengaruhi kekuatan serta keawetan cover mushaf Al-Qur’an. Oleh sebab itulah pastikan untuk melihat dan memegang langsung Al-Qur’an yang akan dibeli. Dengan begitu bisa tahu apakah cover mushaf Al-Qur’an tersebut hard cover atau soft cover.

  1. Perhatikan Huruf dan Layout Enak Dilihat

Kemudian Anda juga harus memperhatikan dengan baik jenis huruf yang digunakan untuk menulis ayat suci seperti apa. Perlu diketahui bahwa huruf yang dipakai ini akan memengaruhi kecepatan dan ketepatan dalam membaca ayat Al-Qur’an. Ada baiknya menghindari pembelian Al-Qur’an yang segel tidak boleh dibuka. Jika pun terpaksa, maka pilih Al-Qur’an dari penerbit yang sudah terpercaya.

  1. Memperhatikan Ukuran Huruf

Jika Anda ingin memberikan Al-Qur’an untuk orang tua, maka jangan membelikan yang huruf-nya kecil. Sebab hal ini akan memengaruhi orang tua membaca. Perlu diketahui terlebih dahulu bahwa semakin bertambah usia, penglihatan akan menjadi semakin berkurang. Oleh sebab itulah, ada baiknya memberikan Al-Qur’an dengan ukuran huruf yang cukup besar, namun tidak terlalu besar. Jadi orang tua bisa membaca dengan baik pastinya.

  1. Pertimbangkan Ukuran Al-Qur’an

Dari segi ukuran memang ada banyak sekali. Ada Al-Qur’an yang ukurannya kecil seperti dompet sampai ada yang besar seperti ukuran buku. Jika Anda termasuk orang yang suka membaca Al-Qur’an langsung dari bukunya, maka ada baiknya untuk memilih yang ukurannya tidak terlalu besar atau terlalu kecil. Dengan begitu, Al-Qur’an tersebut bisa dibawa kemana-mana. Namun jika Al-Qur’an yang dibeli untuk kebutuhan dibaca di rumah selepas sholat, maka memilih ukuran yang besar pun tidak masalah.

  1. Mempertimbangkan Jilid yang Kuat

Al-Qur’an merupakan Kalam Allah, sehingga jika satu huruf terlewat bisa mengubah artinya. Oleh karena itulah, sebagai umat muslim dianjurkan untuk meneliti saat membaca dan mentadaburi Al-Qur’an. Ini dimaksudkan agar arti dan maknanya tidak berubah. Disinilah pentingnya dalam memilih Al-Qur’an yang mempunyai jilid kuat supaya mengurangi kemungkinan adanya halaman terlepas atau sobek.

  1. Mengetahui Jenis Kertas yang Digunakan

Kertas menjadi salah satu hal krusial terhadap kenyamanan ketika membaca Al-Qur’an. Setidaknya ada tiga jenis kertas yang umumnya digunakan untuk mencetak Al-Quran. Diantaranya adalah kertas buram, HVS putih, dan Paper Premium (kertas luxs). Sangat direkomendasikan untuk memilih mushaf Al-Qur’an yang menggunakan paper premium (kuning luxs). Hal ini dikarenakan kertas ini mampu menyerap dan memantulkan cahaya secara proporsional. Dengan begitu tidak akan terlalu gelap dan tidak terlalu silau untuk mata. Tetapi jika sulit untuk mendapatkan Al-Quran yang menggunakan kertas kuning luxs, maka bisa memilih Al-Quran dengan kertas HVS. Jangan sampai memilih Al-Qur’an yang menggunakan kertas buram karena akan membuat mata lelah ketika membacanya.

  1. Sudah Memilih Izin Resmi dari Lembaga Tahsih Mushaf Al-Quran Departemen Agama

Perlu diketahui dengan baik terlebih dahulu bahwa mushaf Al-Qur’an yang dicetak dan beredar di Indonesia haruslah sudah mempunyai sertifikat Tahsih Mushaf Al-Quran Departemen Agama. Ini dimaksudkan bahwa Al-Qur’an tersebut sudah benar dan tidak ada kesalahan cetak. Biasanya surat Tahsih dilampirkan di halaman depan dari mushaf Al-Qur’an tersebut.

  1. Memastikan Harga yang Ditawarkan

Selanjutnya dari segi harga juga perlu diperhatikan dengan baik terlebih dahulu. Hal ini dimaksudkan supaya budget yang digunakan untuk membeli Al-Qur’an bisa pas dan tidak kekurangan. Al-Quran bisa ditawarkan dengan harga yang berbeda-beda. Mulai dari harga murah sampai harga mahal. Jika Anda mendapatkan harga mahal, maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Misalnya dari segi cover, kertas, layout dan masih banyak lainnya. Biasanya hal inilah yang akan membuat harga Al-Qur’an menjadi sedikit lebih mahal. Apalagi jika Anda membeli secara online, pastinya akan dibebankan ongkos kirim.

  1. Dicetak Oleh Percetakan Muslim

Tahukah Anda? Bahwa hampir 90% Al-Quran yang ada di Indonesia ini ternyata dicetak oleh penerbit non muslim. Padahal sebaiknya kita bisa memilih percetakan muslim dalam mencetak Al-Qur’an sebagai kitab suci agama kita. Saat ini sudah banyak layanan percetakan muslim di Indonesia yang siap membantu, sehingga Anda nantinya tidak harus kebingungan jika ingin mencetak Al-Qur’an dalam jumlah banyak. Sebab percetakan muslim ini pastinya sudah mengantongi surat izin usaha dan di dalamnya pastinya banyak muslim, sehingga bisa lebih baik dalam mencetak Al-Quran.

  1. Pastikan Memilih Toko yang Tepat

Selain beberapa tips diatas, pastikan juga untuk memilih toko yang tepat ketika membeli Al-Quran. Maksudnya disini adalah supaya terhindar dari kesalahan cetak dan hal lainnya. Umumnya toko-toko besar seperti Gramedia misalnya memiliki supplier penerbitan yang benar-benar terpercaya dan sudah lama bekerja dengan toko fisik tersebut. Dengan begitu, Anda bisa merasa nyaman dan aman selama melakukan pembelian Al-Qur’an. Bahkan mungkin Anda bisa mendapatkan panduan jika merasa kesulitan saat akan memilih Al-Qur’an.

Nah itulah beberapa tips yang bisa dimanfaatkan jika Anda ingin membeli Al-Qur’an untuk kebutuhan sehari-hari atau diberikan kepada orang terkasih. Jika Anda masih merasa kesulitan untuk membeli Al-Qur’an yang seperti apa. Tidak ada salahnya jika meminta bantuan kepada teman atau kerabat. Biasanya mereka bisa memberikan rekomendasi mengenai toko yang menjual Al-Qur’an terbaik dan sesuai kebutuhan tentunya. Oleh sebab itulah, jangan sungkan untuk meminta bantuan kepada mereka yang sudah pernah membeli. Apabila ingin membeli sendiri, tetap lakukan survey dan baca-baca review dari konsumen lain tentunya. Supaya tidak salah membeli dan bisa mendapatkan mushaf Al-Qur’an sesuai kebutuhan.